Jumat, 30 September 2011

Jamaah Haji Sejumlah Negara Telah Tiba di Madinah


MADINAH - Situasi Masjid Nabawi Madinah semakin ramai menjelang salat Jumat. Hal ini semakin semarak ditambah dengan kedatangan jamaah haji dari sejumlah negara.


Dari pantauan di Masjid Nabawi, sedikitnya ada empat negara yang sudah mulai memberangkatkan kelompok jamaahnya ke Arab Saudi. Mereka itu berasal dari Turki, India, Malaysia, dan Thailand. Beberapa hari sebelumnya, Afrika Selatan menjadi negara pertama yang memberangkatkan jamaahnya ke Madinah, Arab Saudi.

Kelompok jamaah dari berbagai negara itu mengenakan tanda khusus saat melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi. Jamaah dari Thailand mengenakan rompi biru. Rombongan haji asal Malaysia tali kartu identitas berwarna merah berlambang bendera Malaysia. Sedangkan rombongan jamaah dari Turki memakai seragam berwarna.

Jamaah dari Malaysia, Syukur (30), mengatakan bahwa rombongan jamaah haji dari Malaysia mendarat di Bandara Amir Muhammad pada Kamis 29 september waktu setempat. Ia dan rombongannya menginap beberapa puluhan meter di hotel sekitar Masjid Nabawi.

"Jumlah jamaah kami nantinya mencapai 28.000 saja," ujar Syukur.

Jemaah haji Indonesia rencananya akan diberangkatkan pada 2 Oktober 2001. Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari mengatakan untuk kloter pertama tanggal 2 Oktober yang mendarat di Madinah itu ada 4 kloter. Kloter yang mendarat di Jeddah pun, nantinya akan menuju Madinah karena merupakan rombongan jamaah gelombang I. Adapun kloter pertama yang mendarat di Madinah itu, berasal dari embarkasi Batam, Jabar, Surabaya dan Jakarta Garuda (DKI, Banten dan Lampung).

"Kedatangan pesawat belum bisa dipastikan. Karena biasanya ada delay. Ketika terjadi delay penerbangan satu kali, maka itu akan berimbas pada penerbangan berikutnya. Tapi kami siap melayani jamaah kapanpun," papar Akhmad Jauhari. (ahm)

Syukri Rahmatullah

http://haji.okezone.com/read/2011/09/30/398/509105/jamaah-haji-sejumlah-negara-telah-tiba-di-madinah

0 komentar:

Posting Komentar